Degradasi kima akibat dari pencemaran Pb

June 10, 2011 at 2:16 pm Leave a comment

Dewasa ini perkembangan industri di berbagai daerah sangat cepat. Dalam kenyataanya industri ini akan menghasilkan limbah yang terdiri dari bahan-bahan kimia. Limbah ini baik secara langsung ataupun tidak langsung akan masuk kedalam badan perairan. Pada saat ini telah ditemukan sekitar lima juta jenis bahan kimia, dan 60.000 ribu diantaranya telah diperjual belikan secara bebas (Lestari dan Edwar, 2004). Di ntaranya terdapat bahan kimia yang berbahaya dan beracun, salah satunya adalah Pb yang termasuk dalam logam berat(Amin, 2002). Masuknya Pb ini kedalam perairan dapat mengakibatkan pencemaran bagi perairan.

Logam bersifat tidak dapat diurai tetapi mudah terakumulasi dalam biota laut. Pb ini masuk kedalam tubuh biota laut melalui insang, permukaan tubuh dan juga rantai makanan (Johari, 2009).  Logam termasuk Pb yang masuk ke perairan akan mengendap di dasar perairan dan membentuk sedimentasi sehingga biota laut yang mencari makan di daerah dasar memiliki kemungkinan besar untuk terpapar dengan logam  (Rahman, 2006) salah satunya adalah kima.

Populasi kima semakin menurun bahkan jarang ditemukan, hal ini disebabkan tingginya tingkat eksploitasi yang tidak sebanding dengan perkembangan kima sendiri itu di alam.  Berbagai cara pemanfaatan sumberdaya hayati laut yang tidak ramah lingkungan akan mengakibatkan kerusakan pada habitat dan juga kematian pada kima itu sendiri misalnya penangkapan ikan dengan menggunakan bahan peledak, pembongkaran karang untuk dijual serta penggunaan bahan kimia. Selain itu tingginya tingkat pencemaran yang masuk pada perairan juga merupakan ancaman yang serius terhadap populasi kima.

Biota perairan sangat beragam kemampuannya untuk toleran atau tidak toleran terhadap unsur logam dalam dalam jumlah yang meracuni. Pada organisme tertentu mempunyai kemampuan untuk mengontrol jumlah racun melalui system pengeluaran sementara organisme lain tidak. Organisme yang tidak mampu mengontrol kandungan racunnya akan mengakumulasi pollutan dalam tubuhnya, salah satu organismenya adalah bivalvia termasuk Tridacna(Sitorus, 2008).

sumber : Syamsuriani, mahsiswa jurusan perikanan UNHAS

Entry filed under: pencemaran. Tags: .

Daur fosfor dalam ekosistem Sumber dan dampak pencemaran Pb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


penulis

kalender

June 2011
M T W T F S S
« May    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

%d bloggers like this: